Minggu, 08 Juli 2012

Teknik Geomatika

Geomatics Engineering is a modern discipline, which integrates acquisition,  modelling, analysis, and management of spatially referenced data, i.e. data identified according to their locations. Based on the scientific framework of geodesy, it uses terrestrial, marine, airbone, and satelite-based sensors to acquire spatial and other data. It includes the procces of transforming spatially referenced data from different sources into common information systems with well-defined accuracy characteristics.
(taken from University of Calgary- http://www.geomatics.ucalgary.ca/about/whatis/)

 Teknik Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial (berbasis lokasi). Data spatial didapat melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit dengan beracuan pada pengukuran ke dalam suatu sistem informasi dengan karakteristik ketelitian yang terdefinisi dengan baik.



http://www.geomatika.its.ac.id/wp-content/uploads/2010/09/Geomatic-Field.jpg

 Seorang Insinyur Geomatika menggunakan pengetahuan yang datang dari beberapa disiplin ilmu, seperti :
 1. Geodesi (darat, angkasa, dan koordinat orbital sistem pengukuran)
 2. Posisi dan Navigasi (misalnya dengan GPS)
 3. Digital Imaging (cara mengekstrak informasi yang berguna dari gambar sesuai dengan aplikasi, misalnya studi lingkungan atau studi pertanian) dan pemetaan menggunakan fotogrametri (foto udara) atau Remote sensing (gambar yang diambil oleh sensor satelit)
 4.  Sistem Informasi Geografis (komputer sistem yang mampu merakit, informasi geografis direferensikan menyimpan, memanipulasi, dan menampilkan)
 5. Sistem Penguasaan Tanah



2 komentar:

Vicrul mengatakan...

wih.. arek geomatika its rek.. sukses wes bos gawe awakmu..

M. Didi Darmawan mengatakan...

sukses pisan awag.mu

Posting Komentar

 
;